Thursday, November 13, 2014

Aplikasi Web dengan Yii Framework (1)

Salam Edukasi dan TI saya sampaikan kembali setelah sekian lama saya tidak posting di blog www.rahmatsbm84.blogspot.com mudah-mudahan kita lebih semangat lagi. Pada posting kali ini saya akan membahas Cara Membuat Aplikasi Web dengan Yii Framework dan Insya Allah akan saya bahas tahap demi tahap sampai tuntas-tas-tas-tas. Oleh karena itu, supaya hasilnya berkualitas kita akan membuat contoh aplikasi web lengkap untuk administrasi surat masuk dan surat keluar atau kalau boleh saya namakan MAKE-SURAT (MAsuk KEluar SURAT) dalam bahasa sunda make artinya "menggunakan".

Pertama-tama dan tentunya yang paling utama adalah “keinginan untuk mencoba” betul tidak?. selanjutnya baru memastikan komputer kita sudah di-install aplikasi pengembang website PHP dan MySQL contoh XAMP  (www.apachefriends.org/en/xampp.html) dan tentunya framework yang akan kita gunakan adalah Yii Framework download di www.yiiframework.com/download. Pada pembahasan kali ini kita gunakan XAMPP versi 1.8.1 dan Yii versi yii-1.1.15 (ingat Yii versi 1.xxx karena akan berbeda dengan Yii versi 2.xxx).  Terakhir sebelum START saya ingin sampaikan kenapa saya harus menggunakan Yii Framework tidak yang lain kan PHP Framework banyak?. Jawabannya memang sih PHP Framework itu buanyak pisan tapi yang membuat saya jatuh cinta mah cuma satu (aslina) Yii Framework, ibarat kata jinak-jinak merpati awalnya susah kalau sudah didapat setia-nya anti move-on. Kalau tidak percaya berikut langkah-langkah membuat Aplikasi Web dengan Yii Framework dijamin jatuh cinta.

Aplikasi Web dengan Framework (1) - Install Yii Framework

  1. Extract file Yii Framework yii-1.1.15.022a51.tar.gz (download) ke folder webroot dan ganti nama folder dengan yii-1.1.15

  2. download yii-1.1.15
    yii root

  3. Buka aplikasi Command Prompt di Start > All Programs > Accessories > Command Prompt atau ketik cmd di Start > Search programs and files
  4. Ketik d: > enter (ketik cd c:\ jika XAMPP di install di drive C)
  5. Ketik cd xampp\htdocs\yii-1.1.15\framework > enter
  6. Ketik yiic webapp d:\xampp\htdocs\make-surat > enter > ketik yess > enter (ketik c:\xampp\htdocs\make-surat jika XAMPP di install di drive C)

  7. Install Yii di Command Prompt


  8. Yii Framework berhasil di install, selanjutnya buka browser ketik localhost/make-surat > enter. “Welcome to My Web Application” dan saatnya untuk bilang cantik juga ya Yii Framework. Wikwiw mulai jatuh cinta nih.

My Web Application

Semoga Bermanfaat.
Salam Edukasi dan TI
Rahmat Rahimi.

No comments:

Post a Comment